Rabu, 16 Oktober 2019

Perkembangan Teknik Informatika


Perkembangan Teknologi Informasi
     Hey Sobat! jumpa lagi dengan admin yang sangat baik ini, nah kali ini admin akan sedikit mengulas mengenai bagaimana perkembangan teknologi informasi, sobat pada gunakan teknologi canggih semua kan?, ya pasti lah, namanya juga zaman 4.0 pasti semua sudah memakai teknologi, kalo tidak bagaimana sobat bisa membaca blog saya ini, wkwkwkwk
      btw, admin dapat info dari SHOKAI nih gaish, tentang garis besar perkembangan teknologi informasi, tidak perlu panjang lebar lagi, berikut merupakan ulasan teknologi informasi dari "shokai"
      Teknologi adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang memudahkan manusia untuk menyelesaikan masalahnya. Sedangkan informasi adalah hasil  pemrosesan, manipulasi dan pengorganisasian/penataan dari sekelompok data yang mempunyai   nilai pengetahuan bagi penggunanya.
Perkembangan teknologi yang kita rasakan sekarang ini sebenarya dimulai dengan penemuan-penemuan alat-alat yang dianggap baru pada masa itu sehingga dapat membatu manusia,seperti penemuan telepon pada tahun 1875 yang tentunya sangat membantu manusia dalam masalah komunikasi.
Memasuki abad ke-20, tepatnya antara tahun 1910-1920, terwujud sebuah transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM yang pertama. Komunikasi suara tanpa kabel ini pun segera berkembang pesat. Kemudian diikuti pula oleh transmisi audio-visual tanpa kabel, yang berwujud siaran televisi pada tahun 1940-an. Komputer elektronik pertama beroperasi pada tahun 1943. Lalu diikuti oleh tahapan miniaturisasi komponen elektronik melalui penemuan transistor pada tahun 1947 dan rangkaian terpadu (integrated electronics) pada tahun 1957.
Perkembangan teknologi elektronika, yang merupakan cikal bakal TIK saat ini, mendapatkan momen emasnya pada era Perang Dingin. Persaingan IPTEK antara blok Barat (Amerika Serikat) dan blok Timur (dulu Uni Soviet) justru memacu perkembangan teknologi elektronika lewat upaya miniaturisasi rangkaian elektronik untuk pengendali pesawat ruang angkasa maupun mesin-mesin perang. Miniaturisasi komponen elektronik, melalui penciptaan rangkaian terpadu, pada puncaknya melahirkan
mikroprosesor. Mikroprosesor inilah yang menjadi 'otak' perangkat keras komputer dan terus berevolusi sampai saat ini.
Perangkat telekomunikasi berkembang pesat saat teknologi digital mulai digunakan menggantikan teknologi analog. Teknologi analog mulai terasa menampakkan batas-batas maksimal pengeksplorasiannya. Digitalisasi perangkat telekomunikasi kemudian berkonvergensi dengan perangkat komputer yang sejak awal merupakan perangkat yang mengadopsi teknologi digital.
Produk hasil konvergensi inilah yang saat ini muncul dalam bentuk telepon seluler. Di atas infrastruktur telekomunikasi dan komputasi ini kandungan isi (content) berupa multimedia mendapatkan tempat yang tepat untuk berkembang. Konvergensi telekomunikasi-komputasi multimedia inilah yang menjadi ciri abad ke-21, sebagaimana abad ke-18 dicirikan oleh revolusi industri.
Bila revolusi industri menjadikan mesin-mesin sebagai pengganti 'otot' manusia, maka revolusi digital (karena konvergensi telekomunikasi- komputasi multimedia terjadi melalui implementasi teknologi digital) menciptakan mesin-mesin yang mengganti (atau setidaknya meningkatkan kemampuan) 'otak' manusia.
Jika dikelompokan  perkembangan teknologi informasi meliputi :
a.       Manual
sangat sederhana, pemakaian alat adalah dengan menggunakan tangan manusia. Misalnya pada tahun 2500SM, manusia menggunakan abacus untuk berhitung. Dan pada tahun 400SM mereka menggunakan kulit binatang untuk menyampaikan informasi.

b.      Mekanik
sudah berbentuk mekanik  yang digerakkan dengan tangan secara manual. Pada zaman ini sudah mulai terjadi perubahan, misalnya: pada tahun 1623 seorang ilmuwan dari Jerman yang bernama Wilhem Schikard menemukan mesin penghitung  pertama. Kemudian penemmuan ini semakin berkembang dengan ditemukannya mesin penghitung otomatis pertama. Dilanjutkan dengan penemuan-penemuan lain yang tentu saja mempemudah kerja manusia.
c.       Mekanik elektronik
peralatan mekanik yang digerakkan secara otomatis oleh motor elektronik. Pada abad para Ilmuwan pun menemukan  berbagai penemuan mesin elektronik, misalnya pada  tahun 1920 seorang ilmuwan berkebangsaan Spanyol yaitu Leonardo Toressy Quevedo menemukan mesin penghitung otomatis pertama, selanjutnya pada tahun 1938 seorang ilmuwan bernama George R. Stibitz. Dan masih banyak penemuan lainnya.

d.      Elektronik
pada zaman ini peralatannya bekerja menggunakan elektronik penuh dan tidak dibantu lagi oleh tangan manusia. Pada tahun 1942 beberapa ilmuwan dari IOWA College menemukan komputer digital elektronik pertama yang mereka namai Atanasoff-Berry Computer yang penemunya bernama John V. Atanasoff, dan Clifford Berry. Dan pada tahun 1944 Prof. Howard Aiken dari Universitas Harvard melakukan operasi aritmetika dan logika secara otomatis. Dan sampai sekarang para ilmuwan telah menemukan berbagai macam penemuan lain salah satunya komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar